Jumat, 31 Desember 2010

Diltiazem

Diltiazem



Deskripsi:
Diltiazem merupakan obat yang termasuk kelompok calcium channel blocker, atau yang dikenal sebagai benzothiazepine. Diltiazem ini bekerja dengan cara memperlambat konduksi elektrik di jantung, memperlambat kecepatan jantung, dan atau menormalkan irama jantung.

Indikasi:
Untuk mengobati tekanan darah tinggi, angina (kejang di dada yang biasanya disebabkan oleh kurangnya oksigen di jantung), dan beberapa gangguan irama jantung tertentu.

Dosis:
Pemberian reguler:
1. Dosis diberikan melalui mulut (per oral) sebesar 30-60 mg, sebanyak 3-4 kali sehari.
2. Boleh ditambah secara bertahap hingga 360 mg/hari melalui mulut (per oral) dengan dosis terpisah atau hingga 480 mg/hari, jika diperlukan.
Pemberian lanjutan:
Melalui mulut (per oral) 120-480 mg/hari, sebanyak 1 kali sehari atau 2 kali sehari.

Efek Samping:
1. Efek CV (depresi dari fungsi kardiak, hipotensi, gagal jantung yang memburuk, edema, bradycardia); Efek GI (konstipasi); Efek CNS (sakit kepala, pening).
2. HR mengatur kalsium antagonist (seperti Diltiazem, Gallopamil & Verapamil); penguraian AV, AV block, bradycardia & gangguan batang sinus.
3. Interaksi singkat agen dihydropyridine harus dihindari karena memiliki potensi mempertinggi risiko memburuknya keadaan jantung.

Instruksi Khusus:
1. Berkontra-indikasi pada pasien yang jelas-jelas mengalami kerugian gagal jantung, meskipun vasoselective dihydropyridine (seperti Amlodipine, Felodipine) dapat bertahan pada pasien penderita penurunan LVEF.
2. HR yang mengatur kalsium antagonist berkontra-indikasi dengan pasien penderita bradycardia, gangguan batang sinus & AV nodal block.

tanggung jawab perawat:
1. memberikan obat dengan menggunakan prinsip 6 benar
2. mengawasi pasien dalam minum obat
3. menberi pengetahuan tentang obat yang diminum pasien meliputi ( kegunaan,manfaat,indikasi,kontra indikasi dll)
4. mengobservasi keadaan pasien setelah pemberian obat



NAMA : IKA IFANAWATI
KELAS : F/KP/VII
NIM: 04.07.1804

Tidak ada komentar:

Posting Komentar